Listrik Mati Total

Listrik Mati Total

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560)

Hari Minggu siang, 4 Agustus 2019 tiba-tiba listrik di rumah mati. Ternyata tidak cuma di Tangerang, di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung bahkan sampai ke wilayah Bali juga sama, listrik padam. Tidak hanya listrik yang mati, tiba-tiba signal handphone juga hilang, paket data tidak ada, otomatis HP tidak bisa digunakan untuk segala aktivitas online.

Menurut informasi dari PLN yang beredar, listrik padam diakibatkan terganggunya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi 500 KV antara Pemalang-Ungaran, yang menyebabkan OFF nya pembangkit-pembangkit pada Sistem Jawa Bali wilayah Barat dan Tengah. Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami TRIP, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau TRIP. Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

Baru kali ini ada kejadian listrik padam secara serentak dan merata dalam waktu cukup lama. Listrik padam, lampu mati, signal HP tidak ada. Kondisi ini membuat saya jadi bingung, mau ngapain? Pegang HP bingung, hanya bisa dipakai untuk camera. Mau kirim WA tidak bisa. Mau update status FB dan posting foto di instagram, tidak bisa. Mau nonton Youtube gak kebuka. Mau buka email, yang ada pesan lama. Mau buka aplikasi untuk bisnis online berhenti. Bingung deh…!!

Mungkin anda juga sama. Orang-orang di luar sana juga sama. Kita dan mereka tiba-tiba merasa bingung mau ngerjain apa. Karena memang dalam keseharian kita sudah sangat TERGANTUNG dengan HP untuk aktivitas online. Akhirnya orang mengalihkan ke aktivitas lain. Ada yang tidur, ada yang berkumpul sambil ngerumpi, ada yang menyalahkan sana-sini, menghujat PLN, dll.

Baca juga: Jangan Tertipu Gaya Hidup

Padahal banyak sekali Hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian Listrik Padam ini. Dan ini menjadi pelajaran sangat berharga buat kita semua. Banyak aktivitas berguna lainnya yang bisa kita kerjakan.

  • Mati listrik ini terjadi dengan ijin Alloh, apapun yang terjadi pasti ada sebabnya.. Tanpa ijin-Nya tak akan terjadi musibah dan karunia dan musibah biasanya diundang oleh keburukan kita sendiri (Aa’ Gym).
  • Bagi orang tua, bisa mengenang MASA LALU, di saat anda masih kecil, belum ada PLN di kampung anda. Setiap sore membakar sampah untuk mengusir nyamuk. Belajar dan mengerjakan PR sekolah hanya diterangi dengan lampu teplok. Suara binatang malam begitu jelas terdengar di telinga kita. Dll..
  • Kita bisa lebih mensyukuri nikmatnya ada listrik dalam hidup kita. Mungkin selama ini jarang kita syukuri, bahkan seringkali kita gunakan untuk berbuat maksiat dan sia-sia, kita harus istighfar atas kufur nikmat selama ini.
  • Kita bisa merasakan betapa beratnya hidup tanpa cahaya, tapi pasti lebih berat lagi orang yang hidup dalam KEGELAPAN tanpa CAHAYA KEBENARAN, akan sengsara dunia akhirat (Aa’ Gym).
  • Jangan bingung..!! Gunakan waktu untuk melakukan aktivitas yang positif tanpa HP/gadget. Misalnya, makan malam dengan lilin bersama keluarga untuk menambah keakraban anggota keluarga. Gunakan waktu untuk Belajar, Baca buku, atau untuk Diskusi Masa Depan bersama anak-anak. Dll..
  • Kita bisa melakukan Taddabur dan Tafakur atas pergantian siang dan malam supaya beribadah lebih khusyu dalam gelapnya malam. Kita bisa mengingat siroh ulama dahulu yang giat belajar/menulis kitab walau belum ada penerangan yang memadai (Ustadz Gusman).
  • Dan yang jelas, tagihan listrik bisa berkurang di bulan berikutnya.

Begitulah Sahabat, nikmatilah kehidupan ini dengan segala perputarannya. Nikmatilah setiap kejadian dengan hati lapang dan positive thinking. Insya Alloh semua akan bermanfaat untuk kehidupan kita…

Baca juga: Manual Book Kehidupan

Salam Perubahan..!!



Categories: Uncategorized

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: