Tips Memilih Bisnis

Tips Memilih Bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Sudahkah anda memiliki bisnis atau usaha? Kalo sudah, baguss…. anda memiliki bibit jiwa enterpreneur. Bagi anda yang belum punya bisnis, sebenarnya sangat disayangkan… karena pintu rezeki banyak diberikan lewat jalur bisnis. Mungkin mindset dan impian anda hanya cukup menjadi seorang Employee (karyawan, pekerja, pegawai negeri). Yaaa… memang enak sih (= zona nyaman), dengan bekerja semampunya, santai setiap bulan gajian. Itu adalah Pilihan..!!

Bisa jadi anda pernah mencoba bisnis, namun gagal atau lebih tepatnya belum berhasil. Mencoba kembali, lagi-lagi tutup. Mencoba bisnis yang baru lagi, ujung-ujungnya malah rugi. Akhirnya trauma deh… Kapok dan takut untuk berbisnis. Berbagai judgement muncul di kepalanya: bisnis itu susah, aku tidak cocok berbisnis, aku berbisnis selalu gagal, dll…

Baca juga: SUKSES dan GAGAL, Harus Belajar

Bagi anda yang sudah punya bisnis, apakah bisnis anda sudah berhasil? Berapa lama anda menjalani prosesnya? Berapa kali anda mencoba bisnis tersebut? Berapa kali anda terjatuh dan gagal? Dan yang paling penting, sudahkah anda menemukan bisnis yang tepat, yang layak untuk ditekuni hingga akhir hayat?

Trus… bagaimana sih Tips untuk memilih Bisnis yang menjanjikan? Bisnis yang layak untuk digeluti dan ditekuni? Bisnis yang bisa berkembang dan memberikan passive income buat kita dan keluarga?

Baca juga: Beranikan Diri Memulai Bisnis

Berikut ini inspirasi dari pak Tung Desem Waringin (TDW), kriteria bisnis yang layak untuk ditekuni:

1. Bermanfaat bagi Orang Banyak

Carilah bisnis yang bisa memberikan manfaat kepada orang banyak, baik berupa produk maupun jasa. Produk dan jasa yang anda tawarkan betul-betul dibutuhkan oleh banyak orang. Akan lebih booming lagi, apabila bisnis anda dapat memberikan SOLUSI atas permasalahan orang banyak. Sudah pasti bisnis anda akan berkembang dengan pesat. Misal: bisnis makanan, pendidikan, kesehatan, training/seminar, bisnis online di era digital, dll.

2. Menghasilkan Apa yang Anda Inginkan

Apa yang anda inginkan dalam hidup ini bisa dipenuhi dari bisnis itu. Misalnya anda menginginkan gaya hidup tertentu dan bisa terkabul. Anda memiliki cita-cita bisa tercapai dari bisnis itu. Anda mendapatkan ilmu dan skill yang sangat bermanfaat dari bisnis itu. Anda dapat membangun kekuatan sosial/network dari bisnis itu.

3. Mudah Dijalankan

Anda merasa sangat mudah untuk menjalankan bisnis itu. Hal ini bisa terjadi karena mungkin anda sudah memiliki pengalaman di bidang itu. Anda sudah mempunyai network yang luas. Anda merupakan expert/ memiliki keahlian khusus di bisnis itu. Bisa jadi anda sudah membangun sistem bisnis yang sudah berjalan. Atau mungkin anda memang mempunyai DNA bisnis yang kuat.

4. Bisnis yang Disukai

Anda sangat menyukai bisnis tersebut. Mungkin bisnis itu sangat berkaitan dengan kegemaran dan hobby anda, sehingga anda sangat enjoy dan menikmati dalam menjalankan bisnis tsb. Anda rela meluangkan banyak waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk mengembangkan bisnis yang anda sukai itu. Dengan kata lain, bisnis itu sesuai dengan PASSION anda.

5. Cari Perusahaan yang Sudah Terbukti Menghasilkan

Mencontoh dan belajarlah dari perusahaan yang sudah terbukti menghasilkan di bidang bisnis anda. Bangunlah relasi dan kerjasama dengan perusahaan tersebut. LAkukan study banding ke perusahaan tsb. Lakukan ATM: Amati, Tiru, Modifikasi. Kalo terpaksa ya ATP: Amati, Tiru, Plekk..

6. Anda Bisa Terus Belajar dan Bertumbuh

Dengan membangun bisnis itu, anda bisa mendapatkan kesempatan untuk terus belajar dan mengupgrade diri. Anda mengalami pertumbuhan terus menerus. Anda selalu mendapatkan kenalan baru. Anda mendapatkan pangsa pasar baru. Dan ujung-ujungnya anda akan mendapatkan penghasilan baru…

7. Bisnis yang Halal dan Berkah

Selain semua kriteria di atas, ini merupakan syarat terpenting juga dalam memilih bisnis, yaitu carilah bisnis yang Halal dan Berkah. Bisnis yang tidak melanggar rambu-rambu dan aturan Allah SWT. Dengan bisnis itu anda bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah, semakin banyak berderma, semakin banyak beramal dan menebar manfaat kepada banyak orang..

Baca juga: Teruslah Bergerak Supaya Tidak Jatuh
Baca juga: PASSION Itu Apa Sih?

Salam Perubahan..!!

 



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: