Milenial Generasi Pembunuh

Milenial Generasi Pembunuh

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Waahh, baca judul kedengarannya kok sadis amat ya..?? Bisa-bisa saya dikeroyok dan dibully nih sama kaum Millenial..!! Jangan salah sangka. Baca baik-baik artikel ini sampe tuntas ya..!!

Di zaman modern seperti sekarang ini, semua serba canggih. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, semua serba digital, semua serba otomatis, membuat segalanya berubah. Perilaku manusia sebagai konsumen juga mengalami perubahan drastis. Fenomena perubahan drastis ini dikenal dengan istilah SHIFTING.

Baca juga: Lawan SHIFTING dengan INOVASI

Saat ini populasi generasi Milenial khususnya di Indonesia, semakin besar. Hampir menyentuh 50% dari jumlah penduduk. Mereka sudah banyak yang memasuki dunia kerja dan bisnis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berhasil menjadi eksekutif muda di beberapa perusahaan.

Generasi Milenial diawali dari Gen Y dan dilanjutkan dengan Gen Z, yaitu mereka yang lahir tahun 1990-an hingga kini. Kaum Milenial ini sering diistilahkan dengan nama “Anak Zaman NOW”. Generasi Milenial ini memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya.

  • Generasi Baby Boomer: generasi kolot, feodal, formal dan sangat loyal
  • Generasi X: generasi yang lebih realistis dan moderat
  • Generasi Milenial (Y dan Z): generasi rasionalis, pragmatis dan online

Generasi Milenial itu terlalu intens terexpose oleh media, teknologi dan dunia digital. Mereka tidak bisa ketinggalan dari dunia online. Mereka selalu exist di media sosial. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang terjangkit penyakit psikis dan gangguan jiwa, yaitu Sindrom FoMO (Fear of Missing Out).

Baca juga: Milenial Sindrom FoMO

Dunia digital, internet, media sosial, market place, online shop, ojek online, taxi online, restoran online, games online, pinjaman online, training online, kursus online, belajar online, mengaji online, meeting online, online marketing dan semua aktivitas yang bisa dibuat online, telah banyak merubah preferensi dan gaya hidup kaum Milenial. Perubahan apa saja yang terjadi pada mereka??

  • Perubahan habit dan perilaku, terutama dalam pola konsumsi dan cara membelanjakan uangnya. Mereka cenderung akan membayar lebih untuk pengeluaran yang memberikan pengalaman baru dalam hidupnya.
  • Perubahan psikologi dan cara pandang terhadap kehidupan. Mereka berpikir lebih rasionalis. Mereka akan memilih dan membeli sesuatu hanya yang relevan bagi dirinya. Hidup mereka sangat fleksibel dan mudah berubah.

Kondisi di ataslah yang akan mengubah dunia industri dan bisnis. Milenial telah “membunuh” banyak bisnis yang tidak mau melakukan Shifting dan INOVASI. Bisnis/ industri yang dipertahankan dengan cara dan gaya lama akan ditinggalkan oleh Konsumen Milenial. Bisnis/ industri yang tidak menyesuaikan dan mengikuti keinginan dan preferensi kaum Milenial, akan sangat sulit berkembang. Akhirnya merugi dan gulung tikar.

Wahai kaum Milenial, sadar gak sih kalau kalian telah “membunuh” begitu banyak produk, layanan, industri, teknologi, musik, olahraga, dan banyak lagi lainnya..?? Tapi yaa… kalian tidak bisa disalahkan. Semua berjalan secara alamiyah sesuai perkembangan zaman. Justru dunia bisnis dan industri yang harus menyesuaikan diri dan mengakomodir perkembangan konsumen Milenial.

Sebut saja bisnis wartel dan warnet yang sudah mati duluan karena perkembangan smartphone dan internet. Bisnis lain yang telah “dibunuh” oleh konsumen Milenial antara lain:

  • Ojek dan taxi konvensional (offline),
  • Media cetak, koran, tabloid dan surat kabar
  • Channel televisi dan radio
  • Mainan anak
  • Olahraga Golf
  • Resto dan rumah makan
  • Departement store
  • Toko pakaian, sepatu, jam tangan bahkan toko obat
  • Dll

Wahai para pelaku bisnis, hadapilah tantangan Digital Disruption dan Millennial  Disruption ini dengan benar. Pelajarilah karakteristik konsumen Milenial. Jangan bertahan dengan gaya lama. Sesuaikan bisnis anda dengan gaya hidup mereka. Jika bisnis anda tidak ingin “terbunuh” oleh kaum Milenial.

Baca juga: Milenial Zaman Now

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

2 replies

  1. Tulisannya keren kak. Hidup adalah mengenai adaptasi. Jika tidak bisa beradaptasi maka sirnalah apapun itu dalam hal yang nyata di dunia. MH(makhluk hidup) yang bisa bertahan hidup bukan makhluk kuat, tetapi makhluk yang bisa beradaptasi dengan apapun yang berada disekitarnya. Gmankah kak? Milenial juga akan terlindas juga, kita tidak tahu apa. Mgknkah kefoya an atau kemaksiatan atau apapun itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: