Berwudhu Sambil Bicara

Berwudhu Sambil Bicara

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Saya sering memperhatikan ketika orang-orang berwudhu sebelum menunaikan sholat. Coba anda juga perhatikan, atau malah anda termasuk salah satunya..!! Tidak sedikit dari mereka Berwudhu sambil berbicara, ngobrol dengan temannya. Muka, tangan, telinga dan kaki dibasuh air wudhu sambil mulut berbicara dengan teman sebelahnya. Bagaimana menurut anda??

Kalian pasti paham, bahwa Wudhu adalah salah satu rangkaian Ibadah wajib sebelum sholat kan? Tidak sah sholat seseorang tanpa berwudhu, kecuali ada rukhsoh untuk tayamum. Naaah, setiap ibadah itu kan harus dijalankan dengan khusyu’ dong..!! Diawali dengan Niat yang benar, resapi dan sadari sepenuh hati setiap kali anda membasuh anggota tubuh dengan air wudhu.

Tahukah anda, bahwa dalam Berwudhu itu ada Taubat dan pengampunan Dosa? Dalam berwudhu itu ada Muhasabah diri. Kok bisa?? Coba anda baca baik-baik hadits nabi Muhammad SAW berikut ini :

“Barangsiapa yang berwudhu lalu membaguskan wudhunya, niscaya kesalahan-kesalahannya keluar dari badannya hingga keluar dari bawah kuku-kukunya.” (HR Muslim).

Dan hadits lain yang lebih panjang:

“Tidaklah salah seorang dari kalian mendekati air wudhunya, kemudian berkumur-kumur, memasukkan air ke hidungnya lalu mengeluarkannya kembali, melainkan gugurlah dosa-dosa di (rongga) mulut dan rongga hidungnya bersama air wudhunya,” kata Rasulullah SAW.
“Jika seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu lalu ia membasuh wajahnya maka keluar dari wajahnya seluruh dosa yang merupakan buah dari pandangan kedua matanya bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir.
Jika ia membasuh kedua tangannya maka keluar dari kedua tangannya seluruh dosa yang dilakukan oleh pukulan tangannya bersama air atau bersama tetesan air yang terakhir.
Jika ia membasuh kedua kakinya maka keluarlah seluruh dosa yang dilangkahkan oleh kedua kakinya bersama dengan air atau bersama tetesan air yang terakhir, hingga iapun keluar dalam kondisi bersih dari dosa-dosa”
 (HR Muslim).

Baca juga: Tembang Lir-ilir Sunan Kalijaga

Saya kira, Berwudhu menjadi moment yang sangat tepat untuk Muhasabah atas semua anggota tubuh kita. Apa yang sudah dilakukan oleh semua anggota tubuh kita, apakah bagian dari kebaikan atau keburukan? Apakah menjadi aktivitas penting atau mubadzir? Apakah termasuk amal baik atau maksiat dan dosa?

  • Mulut dan rongga hidung. Betapa banyak dosa yang telah dihasilkan dari kedua organ ini. Rasanya mudah sekali lisan ini mengucap kata-kata tajam yang menyakiti hati orang lain, sumpah serapah, menggunjing, membentak orang tua, dll. Dengan berkumur dan memasukkan air ke hidung ketika Wudhu, dalam hati kita istighfar  dan meyakini bahwa dosa-dosa dari Lisan kita akan berguguran bersamaan dengan jatuhnya air wudhu.
  • Muka/Wajah. Semua mimik wajah akan tercatat rapi dalam buku amal. Saat kita bermuka masam terhadap seseorang, saat menipu, saat marah, saat menyindir, dll. Di wajah kita juga ada sepasang mata, dimana Mata adalah pintu gerbang masuknya berbagai godaan dan syahwat. Mata kita banyak “menikmati” hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT, yang seharusnya tidak kita lihat. Kita berharap, dengan basuhan air wudhu, Allah SWT berkenan menghapus segala maksiat yang muncul dari wajah kita.
  • Tangan. Kita menyadari bahwa betapa tangan banyak berlumuran dosa. Mungkin tangan kita pernah memukul seseorang, menunjuk dan menyentuh hal-hal yang diharamkan Alloh. Begitu juga di era media sosial, jemari kita mungkin banyak melakukan dosa dan kesia-siaan. Banyak menulis status yang nyinyir dan provokatif. Menyebarkan berita HOAX, dll. Allah menyiapkan basuhan tangan dan jemari saat wudhu sebagai sarana penggugur dosa.
  • Kepala dan Telinga. Kepala adalah tempat kita berpikir, tempat lintasan pikiran dan niat muncul. Lisan tidak berucap, namun belum tentu pikiran kita selamat dari pikiran kotor dan negatif. Begitu juga telinga kita, mungkin sering mendengarkan suara-suara negatif dan kita enjoy menikmatinya. Basuhlah dengan penuh kesadaran kepala dan telinga dengan air wudhu agar dosa-dosa berguguran.
  • Kaki. Kita perlu bertanya, berapa langkah kaki kita dalam sehari (termasuk naik motor/mobil ya)..? Kemana kaki kita melangkah, ke tempat-tempat baik atau maksiat? Guyuran (basuh) air wudhu akan menggugurkan dosa-dosa kaki kita.

Sahabatku, semoga Wudhu kita bisa menggugurkan dosa-dosa anggota tubuh yang penuh dosa ini. Perbaikilah kualitas wudhu kita! Sempurnakanlah wudhu kita. Khusyu’lah dalam berwudhu, agar kita mendapatkan ampunan dari Alloh SWT…

Baca juga: Manual Book Kehidupan

Salam Perubahan..!!



Categories: Siroh

Tags: , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. MUSHOLLA di Kantor dan Mall – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: