Revolusi Peradaban Manusia

Revolusi Peradaban Manusia

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Anda tentu pernah belajar sejarah perkembangan manusia dari zaman ke zaman. Apa yang anda dapatkan? Hanya satu kata (bukan lagunya alm. Harry Mukti ya), yaitu PERUBAHAN. Manusia selalu mengalami perubahan dalam kehidupannya. Tidak seperti hewan, yang hidupnya selalu statis, sama dari zaman dulu hingga sekarang.

Mengapa bisa begitu?? Karena Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk paling sempurna di dunia. Makhluk yang dikaruniai Akal dan Hati, yang membuat Kecerdasannya selalu berkembang. Akhirnya daya kreasi manusia juga semakin berkembang pesat. Peradaban manusia selalu berkembang dan berubah.

Baca juga: Temukan HARTA KARUN Dalam Dirimu

Yuks sekarang kita lihat sejarah perubahan peradaban manusia yang sangat drastis. Perubahan itu ditandai dengan terjadinya Revolusi Industri, karya besar hasil kecerdasan manusia itu sendiri.

1. Penemuan Mesin Uap

Siapa penemu mesin uap? Jawab sendiri ya. Mesin Uap adalah mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Sejak ditemukannya mesin uap, terjadilah Revolusi Industri.

Selanjutnya banyak bermunculan mesin-mesin dengan teknologi uap ini, misalnya Lokomotif kereta api, kapal laut, pompa industri, dan mesin-mesin dalam pabrik yang sangat membantu dan mengubah dunia industri.

2. Penemuan Listrik

Anda juga pasti tahu, siapa penemu listrik kan? Berbeda loh dengan penemu bohlam lampu..!! Sejak ditemukannya listrik (motor listrik), terjadilah Revolusi Industri berikutnya.

Selanjutnya banyak bermunculan mesin-mesin dan peralatan pabrik maupun kantor dengan menggunakan tenaga listrik. Mesin produksi massal bertenaga listrik semakin menjadi kebutuhan dunia industri. Begitu juga, dengan ditemukannya lampu pijar, dunia berubah menjadi terang di malam hari.

Kondisi saat ini, kehidupan manusia sudah sangat bergantung dengan PLN alias listrik. Masih ingat ketika terjadi kasus Listrik Padam seharian? Manusia bingung, seperti hidup kembali ke zaman dulu. Aktivitas bisnis lumpuh dan banyak yang merugi.

3. Penemuan Internet dan Dunia Digital

Sejak ditemukannya teknologi internet dan dunia digital, telah merubah peradaban manusia. Terjadilah Revolusi Industri berikutnya. Dunia terasa menjadi sempit, semua terhubung dengan internet tanpa batas jarak lagi. Apalagi sejak bermunculan sosial media dan aplikasi online.

Dunia digital juga telah merubah perilaku manusia dan bisnis. Semua aktivitas bisnis dan perkantoran dilakukan secara online. Peralatan dan mesin-mesin otomatis semakin membantu dunia industri dan bisnis. Begitu juga, paket data menjadi kebutuhan wajib. Berkomunikasi dengan orang lain begitu mudah. Dunia dalam genggaman jari-jari kita, semua tinggal “KLIK”.

Tidak lama lagi akan kita akan segera memasuki era industri 4.0, dimana segala peralatan dan mesin akan terintegrasi dengan jaringan internet. Cara kerja manusia akan berubah. Tenaga manusia akan banyak tergantikan oleh mesin, kecuali bidang-bidang tertentu yang masih butuh sentuhan manusia.

4. Turunnya Islam dan Alqur’an

Tak kalah penting, sejarah Revolusi Peradaban manusia juga datang ketika Islam turun ke muka bumi, ditandai dengan diturunkannya Alqur’an menjadi kitab suci sempurna yang diturunkan untuk manusia. Sebelumnya manusia hidup dalam peradaban Jahiliyah. Setelah Islam turun manusia menuju kehidupan yang penuh dengan Cinta dan Kasih Sayang. Berubah dari kehidupan penuh kegelapan menuju kehidupan penuh dengan cahaya dan kebenaran.

Baca juga: HIJRAH, Makna Tahun Baru Islam

Salam Perubahan..!!



Categories: Siroh

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: