Kekuatan FOKUS

Kekuatan FOKUS

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Suatu hari, di saat masih kecil (usia SD), saya pernah melakukan percobaan membakar sabut kelapa menggunakan kaca pembesar (Jawa = Suryokontho alias Lup). Kalo tidak punya kaca pembesar bisa menggunakan lensa bekas kacamata minus. Panas yang dipakai untuk membakar bukan api ya, tapi cahaya matahari. Emang bisa..?? Nyatanya percobaan berhasil, sabut kelapa kering bisa terbakar.

Caranya bagaimana? Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan bahan dan perlengkapannya, kaca pembesar, sabut kelapa kering (bisa juga diganti dengan kertas).
  • Lakukan di saat sinar matahari terasa panas, sekitar jam 11:30 hingga jam 13:00.
  • Pegang kaca pembesar dengan lensa menghadap matahari, maka akan keluar cahaya terang dan mengecil (terkonsentrasi alias fokus) di bawah lensa.
  • Arahkan cahaya terang itu ke sabut kelapa/kertas dan fokuskan pada satu titik.
  • Tunggu beberapa menit ke depan, maka Insya Allah akan keluar asap dari sabut kelapa. Itu artinya sabut kelapa bisa terbakar.

Apakah anda pernah mencobanya? Yang belum pernah, silahkan dicoba ya..!! Bagaimana hasilnya, anda akan merasakannya sendiri.

Baca juga: Kekuatan Daya Ungkit

Insight apa yang bisa diambil dari cerita di atas? Percobaan itu menggambarkan Kekuatan Fokus yang dapat menghasilkan energi yang besar dan luar biasa. Bayangkan, sinar matahari yang berpendar dan tersebar tidak bisa membakar kertas, namun ketika sinar itu difokuskan pada satu titik kertas, maka lama-lama kertas itu akan terbakar.

Begitu juga dalam aktivitas keseharian kita, baik dalam Bekerja maupun Berbisnis, jika kita FOKUS pada pekerjaan dan bisnis kita, maka Insya Allah akan menghasilkan Kinerja yang berlipat ganda. Pekerjaan yang anda lakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Pertumbuhan dan Perkembangan Bisnis juga akan semakin meningkat drastis.

  • Fokus pada Tujuan dan Sasaran yang sudah anda tetapkan (baca: TARGET). Namun bagaimana jika Goals yang ingin anda capai ternyata banyak? Hal ini malah bisa memudarkan fokus anda. Fokuslah pada Wildly Important Goals (WIGs), Target yang paling penting, paling besar, paling berpengaruh, paling Bombastis dan sekaligus bisa menarik target-target yang lain ikut tercapai.
  • Fokus pada PROSES, yang dapat mendorong Tindakan dan Perilaku anda dan tim anda mengarah pada TARGET di atas. Fokus pada Tindakan yang paling berdampak untuk meraih target. Mungkin diperlukan perilaku-perilaku baru di luar kebiasaan, bisa jadi perilaku sederhana dan mendasar, namun dapat memberikan dampak besar pada kesuksesan.
  • Fokus pada MONEV, Monitoring dan Evaluasi pencapaian Kinerja secara berkelanjutan. Buatlah Tools Monitoring yang dapat memberikan energi dan motivasi kepada anggota tim untuk senantiasa mengejar target yang ditetapkan. Bahkan, kalo bisa anggota tim saling berlomba untuk berkontribusi melebihi target.

Sahabatku, FOKUS berarti mengarahkan Pikiran, Perasaan, Emosi dan Keyakinan pada satu titik. Titik itu..!! Itu berarti anda mengerahkan segala potensi dan kompetensi diri dalam melakukan tindakan/pekerjaan untuk meraih target. Maka, tindakan anda memiliki ENERGI yang sangat besar dan akan mempengaruhi tim anda untuk bekerja dengan motivasi yang sama.

Fokuslah pada 3 hal di atas. Jalankan secara konsisten. Selanjutnya… Lihat dan rasakan Hasil yang berbeda akan anda dapatkan. Di tengah perjalanan, anda dan tim anda sudah bisa merasakan aura kemenangan dan kesuksesan…

Baca juga: Mau Jadi JUARA: Berlatihlah!

Kali ini bahasanya agak berat dan seriuss ya…
Salam Perubahan..!!



Categories: Motivasi

Tags: , , , , , , , , , ,

1 reply

  1. Followback bang dan like semoga situs anda dan juga saya menjadi situs yang bermanfaat kedepannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: