Apakah Yakin Anda SEHAT?

Apakah Yakin Anda SEHAT?

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Kalo orang ditanya, “Apa kabar hari ini..?”. Kebanyakan orang menjawab “Alhamdulillah baik.. atau Alhamdulillah SEHAT..”

Tetapi jika ditanyakan kepada anda, “Apakah yakin anda SEHAT..??” Mungkin hanya segelintir orang yang berani menjawab bahwa dirinya benar-benar sehat atau dirinya sedang sakit. Mayoritas orang akan menjawab, hanya merasa sehat, tidak yakin kalo dirinya sehat atau tidak tahu kalo dirinya sakit…

Baca juga: Gaya Hidup Sehat

Yuks kita lakukan screening terhadap diri kita dengan menginventarisir semua penyakit manusia..! Tujuannya untuk mengetahui seberapa sehat diri kita, atau seberapa parah sakitnya diri kita.

1. Penyakit Fisik (Tubuh)

Penyakit ini paling mudah diketahui karena gejalanya bisa dilihat dan dirasakan. Jika ada penyakit dalam, artinya ada organ penting dalam tubuh anda mengalami infeksi atau disfungsi, maka tubuh anda akan meriang, demam, menggigil, kesemutan, tegang, kejang, lemas, sesak nafas, flu dan batuk, mual, dll.

Namun jika disfungsi organ dalam belum terasa, belum melampaui ambang batas normal, disinilah yang membuat anda akan merasa sehat. Padahal sebenarnya anda sudah sakit, tapi belum kelihatan.

2. Penyakit Pikiran

Kalo penyakit ini, kebanyakan orang tidak merasakan secara pribadi. Namun, bisa dilihat dan dirasakan oleh orang lain yang berinteraksi dengannya. Kenapa bisa begitu? Karena gerakan Pikiran begitu cepat, tidak bisa diam, liar dan mudah sekali berubah-ubah.

Apa coba yang termasuk penyakit Pikiran? Misalnya: Selalu berpikir negatif dalam merespon segala sesuatu; Prasangka buruk alias su’udzon; Pikiran lemes, loyo, letih, lesu, letoy, lebay, lunglai, lelet, lambat, mundur dan menyerah, dll..

Baca juga: Kekuatan Pikiran

3. Penyakit Hati

Penyakit ini lebih halus dibandingkan penyakit Pikiran, makanya sulit bagi seseorang untuk bisa merasakannya. Gerakannya sangat halus dan tersembunyi dalam relung hati kita sehingga sulit untuk dideteksi. Tahu-tahu keluar menghasilkan ucapan dan tindakan yang tidak baik. Orang lain pula yang akan kena dampaknya…

Contohnya apa dong? Banyak sekali nih jenis penyakit Hati, misalnya: iri, dengki, sombong, tamak, ujub, merasa benar sendiri, egois, riya, merasa diri sempurna, marah, hasad, hasut, dendam, khianat, namimah, dll…

4. Penyakit Mental

Menurutku, penyakit ini merupakan akumulasi dari penyakit Pikiran dan penyakit Hati yang ada dalam diri setiap orang. Penyakit ini sudah inherent dalam diri kita, sehingga sudah menjadi habit dan kebiasaan sehari-hari. Penyakit Mental yang kronis akan sangat berbahaya bagi hidup anda di masa depan. Kenapa?? Penyakit ini akan menghambat dan mensabotase kesuksesan anda. Penyakit ini akan menghalangi anda untuk BERUBAH, untuk tumbuh dan berkembang, serta untuk melejitkan potensi diri anda.

Apa contoh penyakit Mental? Misalnya: Malas, mubadzir/sia-sia, boros, mager, suka zona nyaman, tidak punya goals, buang-buang waktu, tidak punya prioritas, senang melihat orang susah dan meriang melihat orang senang, mudah menyerah dan kalah, frustasi dan depresi, dll..

Akumulasi penyakit mental ini akan menjadi Mental Block yang sangat serius dalam diri anda. Dan pada akhirnya akan menghasilkan Mindset dan Keyakinan yang salah tentang diri anda sendiri.

5. RUH

RUH yang ditiupkan Allah dalam diri kita tidak akan pernah sakit. Tapi akan semakin redup cahayanya ketika dalam diri kita terlalu banyak penyakit pikiran, hati dan mental. Kita tahu, bahwa Hati merupakan tempat bercokolnya cahaya ruh, IMAN dan Fitrah manusia. Ada seorang ustadz yang mengatakan, bahwa Hati adalah Singgasananya Allah dalam diri manusia…

Sahabatku, semua jenis penyakit di atas, hanya bisa dirasakan oleh orang yang SADAR. Sadar akan jati dirinya, sadar akan kehidupannya, dan sadar akan masa depannya termasuk masa depan di hari Akherat…

Apakah anda masih yakin termasuk orang yang SEHAT??

Baca juga: Penyakit Kronis Mental Manusia
Baca juga: Apa Itu NYINYIR?

Salam Perubahan..!!



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , , , , , ,

1 reply

Trackbacks

  1. Simplicity Itu Mendewasakan – Sugibisnis – Pusat Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: