Pahlawan Zaman Now

Pahlawan Zaman Now

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Hari Pahlawan 10 November datang lagi. Setiap tahun sering diperingati oleh bangsa Indonesia. Entah hanya sebatas seremonial saja atau diperingati untuk dapat memberikan arti kepada kita untuk selalu termotivasi menjadi seorang pahlawan.

Di era milenial sekarang ini, saya melihat arti Pahlawan sudah banyak kehilangan substansi. Kenapa bisa??

Ketika ditanya Pahlawan itu apa? Apa yang terbayang di kepala anda? Pasti kebanyakan orang membayangkan Pahlawan itu identik dengan perjuangan, orang yang berjuang melawan musuh/penjajah di medan perang. Di masa sekarang, medan perang dimana?

Yuks, kita lihat asal usul kata Pahlawan. Pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu Phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama. Buah (Phala) ini bisa diartikan juga sebagai Pahala. Untuk mendapatkan Pahala, maka kita harus memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada sesama.

Pahala-wan, berarti orang yang banyak mengumpulkan pahala, dengan cara banyak berbagi dan memberikan karya, manfaat, berkah, bantuan, pertolongan, dan kemudahan kepada orang lain. Tapi harus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, bukan sesaat saja. Seperti orang yang selalu berderma, disebut Dermawan. Orang yang ahli dan selalu mambuat karya sastra disebut Sastrawan, dll…

Baca juga: Jadilah Pahlawan di Bidang Anda

Trus siapa yang dimaksud dengan Pahlawan Zaman Now?? Setiap orang bisa menjadi Pahlawan kok. Saya dan anda bisa menjadi Pahlawan, dengan syarat-syarat sbb:

  • Giving, Pahlawan akan senantiasa memberi bukan menerima. Mereka selalu berbuat dan berbagi manfaat dan kebaikan kepada banyak orang tanpa pamrih. Mereka selalu bergerak dan beraktivitas untuk perbaikan dan pemberdayaan kualitas hidup manusia.
  • Best Creation, Pahlawan akan memberikan Karya Terbaiknya kepada kehidupan umat manusia. Bukan persembahan sembarangan. Bukan kerja asal-asalan. Bukan dedikasi dengan pamrih tertentu. Tetapi benar-benar Karya yang dilakukan secara totalitas dengan segenap kemampuan yang dimilikinya, dengan segenap pengorbanan yang dilakukannya.
  • Impact Full, Karya besar yang diperbuat Pahlawan akan memberikan manfaat dan dampak yang sangat besar, sangat luas bagi peradaban manusia. Bukan dampak untuk pribadi dan keluarganya, tapi dampak untuk masyarakat luas, bahkan kepada dunia…

Dengan syarat-syarat di atas, maka nama Pahlawan akan selalu harum dan dikenang sepanjang masa. Nama yang dikenang selalu memberikan nilai (value), manfaat dan perubahan dalam kehidupan manusia.

Silahkan dicari sendiri ya, siapa yang bisa menjadi Pahlawan Zaman Now…

  • Mungkin anda sendiri? Atau mungkin orangtua kita? Jelas dong. Orangtua kita adalah Pahlawan buat keluarga.
  • Mungkin juga guru kita, murabbi kita, motivator kita, mentor kita, para da’i (pendakwah), yang selalu memberikan pelajaran, hikmah, motivasi untuk menjadi manusia terbaik.
  • Mungkin orang-orang selalu berkecimpung dalam aktivitas Pemberdayaan masyarakat.
  • Mungkin Penguasa yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengelola anggaran dengan benar, transparan dan akuntabel, selalu menjaga keutuhan negara dan bangsa, serta membawa kemajuan bangsa.
  • Mungkin karyawan yang selalu bekerja dengan sebaik-baiknya, selalu mencapai bahkan melampaui target, dan selalu berkontribusi terbaik untuk perusahaan.
  • dan masih banyak lagi…

Baca juga: Murabbi: Pahlawan Dalam Kesunyian
Baca juga: Guru: Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Salam Perubahan..!!



Categories: Inspiratif

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: