Liku-Liku Bisnis

Liku-Liku Bisnis

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Berikut ini artikel tulisan dari pak Nasrulloh yang sangat menarik, sangat menyadarkan, dan memberikan inspirasi berharga dalam hal menjalani Bisnis. Beliau menggambarkan bahwa Bisnis itu penuh liku-liku dan butuh perkembangan panjang. Tujuan berbisnis harus diluruskan, jangan salah kalau kita ingin berBisnis dalam jangka panjang. Yuks kita simak..!!

Baca juga: Enak Ya, Jadi Orang SUKSES

===========

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Liku-liku produk memang tak mudah. Satu ide, memunculkan ide yang lainnya. Satu pintu, membuka pintu yang lainnya. Satu jalan, membuka banyak cabang yang lainnya. Telusuri saja, hingga tumbuh keyakinan akhir dari sebuah ide.

Maksimal 2 persen, sebuah ide menjadi bisnis. Lalu bisnis itu diuji dengan beragam siklus. Yaitu, 3 bulan, setahun, 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, begitulah seterusnya. Bisnis itu seperti perjalanan rumah tangga. Selalu ada siklus perkenalan, keharmonisan, pergolakan, penyesuaian lalu memunculkan terobosan baru. Di titik mana kita masih bisa bertahan?

Bisnis itu bukan soal kepintaran dan kejeniusan. Lebih banyak berbicara daya tahan dan nafas yang panjang. Kejeniusan dibutuhkan saat melakukan lompatan dan terobosan, setelah itu bicara daya tahan dan membangun sistem untuk menjaga pertumbuhan.

Menjalani bisnis bukan liku-liku mencari kekayaan tetapi perjalanan menikmati liku-liku gelombang kehidupan. Merasakan naik dan jatuh. Merasakan gagal dan sukses. Merasakan tantangan dan hadirnya solusi tak terduga. Menjalani bisnis sebuah medan penempaan daya juang dan daya tahan.

Perjalanan bisnis adalah penempaan karakter. Penempaan penasaran dan ingin tahu. Penempaan daya bangkit. Bisnis adalah penempaan keyakinan. Menempuh malam yang gelap yang hanya bermodal kepasrahan kepada Allah. Selama perjalanan terus berobsesi dan membangun keyakinan. Dari keyakinan walau tak tahu jalan, akhirnya akan sampai juga.

Dari orang yang menempuh perjalanan bisnis, hanya 2 persen saja yang berhasil. Yang terus bisa menanggung suka duka liku-liku perjalanannya. Hanya 2 persen yang siap berjibaku apapun tantangan dan medan pertempurannya. Itulah mengapa bisnis pun bagian medan jihad, karena orientasinya adalah melayani dan memudahkan urusan manusia.

Bila bisnis urusannya soal kekayaan, maka berhentilah. Karena tak selamanya bisnis menghasilkan kekayaan, yang bangkrut lebih banyak, yang gagal lebih banyak. Urusan bisnis adalah urusan mencintai manusia dengan pelayanan dan solusi. Bila orientasinya hal ini, maka kegagalan adalah sedekah. Kegagalan adalah lautan ilmu.

Bila benar di titik awal, maka perjalanan bisnis adalah sebuah novel perjalanan hidup yang indah. Karena hidup yang indah adalah hidup yang penuh pergolakan, ide besar dan keyakinan.

===========

Siapkah kita untuk menempuh jalan bisnis yang panjang dan berliku? Jalan yang penuh dengan pergolakan, tantangan dan hambatan. Jalan penuh perjuangan yang melibatkan segala potensi dan kemampuan kita. Jalan bisnis membutuhkan daya pikir kita untuk menemukan ide bisnis. Jalan bisnis melibatkan Intuisi dan Perasaan kita untuk membuka jalan yang penuh kegelapan. Dan yang lebih penting, kita harus melibatkan Allah SWT dalam memilih dan menjalani bisnis…

Jalan bisnis adalah jalan yang penuh keringat dan air mata. Makanya banyak orang yang takut untuk berbisnis, bahkan untuk memulai saja tidak punya nyali. Banyak orang yang berguguran alias GAGAL dalam bisnis dan akhirnya menyerah. Lebih memilih menjalani pekerjaan rutinitas yang memberikan kepastian dan zona nyaman..

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Takut GAGAL Memulai Bisnis
Baca juga: Bingung Memulai Bisnis

Salam Perubahan..!!



Categories: Bisnis

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: