Takut Pada Evaluasi

Takut Pada Evaluasi

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Kondisi pertama, banyak orang yang takut terhadap timbangan badan dan gak mau kalo disuruh menimbang berat badan. Kalo ditanya berapa berat badannya, hanya menjawab dengan perkiraan saja. Mengapa begitu? Itu artinya orang tsb pasti gemuk. Jadi tidak mau menimbang berat badan, karena takut kalo ketahuan overweight alias kelebihan berat badan.

Kondisi kedua, banyak orang yang takut kalo diminta untuk melakukan medical checkup di klinik atau rumah sakit. Mengapa begitu? Itu karena orang takut kalo ketahuan ternyata kesehatannya tidak normal. Jadi malah kelihatan jenis penyakit dalam tubuhnya.

Kondisi ketiga, banyak karyawan yang merasa takut dan was-was ketika diajak monthly/yearly meeting. Mengapa begitu? Itu karena dalam meeting itu pasti dibahas monitoring dan evaluasi progress dan pencapaian kinerja. Jadi mereka takut kalo ketahuan kinerjanya tidak bagus.

Baca juga: Happy Dalam Bekerja

Ketiga contoh kondisi di atas, menggambarkan bahwa secara manusiawi kebanyakan orang akan merasa TAKUT untuk DIEVALUASI. Ada perasaan tidak nyaman dalam dirinya ketika diajak untuk rapat Evaluasi. Mengapa begitu? Karena akan ketahuan dan terbuka kinerjanya selama ini. Akan ketahuan perilaku kerjanya selama ini. Apakah memuaskan atau mengecewakan…

Di akhir bulan Desember ini, sudah pasti semua perusahaan dan organisasi akan melakukan EVALUASI AKHIR TAHUN. Bahkan sebuah keluarga pun, ketika awal tahun membuat Resolusi Hidup, juga perlu melakukan Muhasabah Akhir Tahun. Tujuannya adalah untuk mengukur kinerja dan pencapaian Goals selama setahun ini. Apakah hasilnya mencapai target, melebihi target atau bahkan jauh melenceng dari target yang ditetapkan di awal tahun???

Sebenarnya tujuan dari Evaluasi atau Muhasabah itu sangat baik. Jadi tidak perlu ditakuti. Hadapilah dengan enjoy setiap ada momen Evaluasi.

  1. Agar kita bisa senantiasa bekerja secara profesional.
  2. Agar kita bisa mujahadah dan itqon dalam beramal.
  3. Agar kita bisa maksimal dalam berkarya.
  4. Agar kita bisa lebih kreatif dalam berinovasi.
  5. Agar kita berjalan sesuai dengan Rel yang benar.

Bagaimana menghadapi rasa Takut terhadap Evaluasi atau paling tidak menghilangkan rasa was-was? Mau tidak mau anda harus memiliki bekal yang berlebih sebelum evaluasi. Apakah itu? Yaitu Kinerja yang memuaskan yang jauh melampaui target yang ditetapkan…

Untuk itu, ingatlah selalu pada Resolusi dan perencanaan anda di awal. Fokuslah pada Goals yang sudah anda tetapkan. Dan jalani proses kerjanya secara maksimal untuk menuju Goals tsb. Maka kelima hal di atas, pasti akan anda rasakan. Ketakutan terhadap Evaluasi pun akan pudar, karena anda sudah SIAP untuk menghadapinya…

Baca juga: Resolusi Hidup Mau Diapain?
Baca juga: Tujuan Akhir SUKSES dan BAHAGIA

Salam Perubahan..!!

One thought on “Takut Pada Evaluasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.