Penanganan Wabah Penyakit

Penanganan Wabah Penyakit

Oleh: Sugibisnis (Owner Black Garlic 560) – 0811417144

Saat ini sedang ramai dan viral pembicaraan tentang wabah Virus Corona yang sedang mewabah di negeri China. Implikasinya bisa ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Secara ekonomi, akan mempengaruhi dunia pariwisata di Indonesia, baik yang berkunjung ke luar negeri maupun yang ke dalam negeri, khususnya antar negara Indonesia – China.

Yuks, kita simak lagi tulisan pak Nasrullah yang mengulas tentang Penanganan Wabah Penyakit, secara sirah seperti apa? Ternyata wabah penyakit juga pernah terjadi pada zaman Rasulullah saw dan generasi selanjutnya. Bagaimana cara mengatasi wabah penyakit tersebut??

===========

Penanganan Wabah
Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Wabah penyakit, Islam secara komprehensif membimbing manusia mengelola saat wabah itu menyebar merata di sebuah negri atau kawasan. Bukan saja dalam tataran kebijakan negara, tetapi menembus setiap orang yang berada di kawasan wabah maupun di luar epidemi wabah.

Kebijakan Rasulullah saw saat wabah penyakit menerpa sebuah kawasan, yang berada di dalam wilayah epedemi tidak boleh keluar. Yang di luar epidemi tidak boleh masuk kawasan. Di negeri ini, nunggu travel warning dulu dari WHO?

Yang berada di dalam wilayah epidemi, disamping mengobatan medis. Rasulullah saw juga mengokohkan ketentraman jiwa. Karena obat utama agar tidak tertular epidemi adalah daya tahan tubuh. Adakah obat untuk virus? Obat utamanya, daya tahan tubuh. Sumber utama daya tahan tubuh adalah ketentraman jiwa.

Mereka yang tetap di wilayah epidemi, balasan adalah jihad. Yang wafat, dicatat sebagai syuhada. Adakah derajat tertinggi selain mati syahid? Menurut ulama, peran jihad itu salah satunya untuk membangun masyarakat kokoh yang Islami. Jihad itu upaya membangun kemanusiaannya manusia. Tetap berada di wilayah epidemi adalah jihad untuk menjaga kehidupan di kawasan yang tidak terserang wabah. Ganjaran mati syahid, menciptakan ketentraman yang luar biasa. Inilah sumber anti bodi yang utama.

Abu Ubaidah bin Jarrah, panglima perang Islam tertinggi di era Abu Bakar dan Umar bin Khatab, mengambil keputusan ini. Saat negri Syam tertimpa wabah penyakit, dia terus menunaikan tugasnya. Saat harus menembus wilayah wabah demi sebuah tugas, dia tidak menghiraukannya. Umar bin Khatab sudah membuat strategi agar sang panglimanya tidak memasuki wilayah Syam. Caranya, memanggilnya menghadap Khalifah Umar. Namun Abu Ubaidah bin Jarah menolaknya. Dia tetap memasuki Syam agar mendapatkan kesyahidan dari wabah tersebut.

Kebijakan Umar bin Khatab sudah benar pula. Melarang sang panglima memasuki wilayah wabah penyakit. Dengan ucapannya yang terkenal, “Lari dari satu takdir ke takdir lainnya.” Abu Ubaidah bin Jarah sudah benar pula. Dua Sahabat yang sama-sama mengambil keputusan dari bimbingan Rasulullah saw.

Wabah penyakit di Syam akhir terselesaikan oleh panglima perang Islam lainnya. Amr Bin Ash menyelidiki bagaimana cara wabah itu menyebar antar manusia. Ternyata wabah tersebut hanya menyerang di dataran rendah saja. Maka kebijakan Amr Bin Ash adalah membawa penduduk ke gunung-gunung selama beberapa waktu hingga wabah tersebut mati dengan sendirinya karena tidak ada media untuk berpindah dan mengembangbiakan dirinya.

Adakah kekacauan dan kerusuhan di wilayah wabah? Adakah korban yang berlebihan di wilayah wabah? Bilakah manusia mau mengikuti ajaran Islam? Islam memang rujukan yang paling benar, jitu dan mudah dalam semua permasalahan manusia.

===========

Sahabatku, tetaplah berhati-hati dalam hidup. Tetaplah jaga kesehatan agar daya tahan tubuh kita kuat. Kontrollah pikiran dan emosi agar kita tetap mendapatkan ketentraman jiwa…

Baca juga: Gaya Hidup Sehat
Baca juga: Apakah Yakin Anda SEHAT?

Salam Perubahan..!!

One thought on “Penanganan Wabah Penyakit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.