Terima Kasih COVID-19

Terima Kasih COVID-19

Oleh: Sugibisnis – 0811417144

Dampak wabah/pandemic Virus Corona (COVID-19) begitu luas. Perkembangan virus ini sangat cepat, menjalar ke berbagai negara di seluruh dunia. Tak luput juga negara kita tercinta, Indonesia. Virus menyerang ke berbagai kota di Indonesia.

Korban berjatuhan, Jumlah pasien terjangkit Virus Corona ini setiap hari selalu bertambah dan diumumkan oleh pemerintah melalui Departemen Kesehatan. Tidak sedikit pasien yang meninggal, namun juga banyak yang sembuh.

Semua negara melakukan kebijakan Lock Down. Negara kita pun melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) alias lock down. Setiap daerah membuat kebijakan PSBB masing-masing. Orang dilarang keluar rumah untuk urusan yang tidak penting. Orang Dalam Pemantauan (ODP) akan diisolasi selama 14 hari. Rumah sakit rujukan COVID-19 pun penuh pasien.

Belum lagi dampak secara ekonomi. Lock down membuat banyak industri terdampak gulung tikar atau mengalami penurunan sangat drastis. Mal-mal ditutup, pasar ditutup, tempat rekreasi ditutup. Industri penerbangan, transportasi dan hotel lumpuh. Perusahaan-perusahaan banyak melakukan pengurangan karyawan. Ada yang dirumahkan dan banyak yang di-PHK. Gaji dan upah dipotong. Mudik lebaran pun dilarang pemerintah. Dan masih banyak lagi imbas secara ekonomi terhadap masyarakat luas.

Trus, kenapa harus berterima kasih pada COVID-19? Bukankah COVID-19 banyak menimbulkan kemudharatan dan kesengsaraan bagi masyarakat???

Baca juga: Apakah Yakin Anda SEHAT?

Betul sahabatku… Ibarat dua sisi mata uang, satu sisi menimbulkan kemudharatan, tapi di sisi yang lain banyak memberikan hikmah dan pelajaran sangat berarti buat kehidupan. Maksudnya gimana..??

1. Kita Makhluk Alloh yang Lemah

Dengan adanya wabah COVID-19 ini, harusnya menyadarkan kita, bahwa kita sebagai makhluk Alloh yang lemah. Sebagai seorang yang beriman, kita meyakini bahwa semua musibah yang terjadi di dunia ini atas Kehendak Alloh SWT. Alloh maha Berkuasa atas segala sesuatu. Sedangkan kita, manusia hanya bisa tunduk pada taqdir dan ketentuan Alloh.

2. Bumiku Lebih Sehat

Hikmah COVID-19 yang sangat terasa juga adalah Bumi menjadi lebih sehat. Kok bisa? Dengan kebijakan lock down, maka hampir semua orang stay at home. Kendaraan tidak banyak keluar di jalan-jalan. Jalanan lengang kendaraan, maka polusi udara dari asap knalpot sangat berkurang. Pabrik-pabrik mengurangi jam operasional. Kantor-kantor memberlakukan WFH (Working From Home), maka konsumsi listrik, penggunaan AC (freon) sangat berkurang.

Akibatnya udara menjadi jauh lebih bersih, bebas polusi. Tumbuhan dan tanaman berseri menjadi lebih subur dan sehat. Lapisan Ozon pun menjadi rapat kembali, sehingga sinar matahari yang jatuh ke bumi menjadi lebih sehat…

3. Berkumpul Keluarga

Hikmah COVID-19 secara sosial adalah semakin menyadarkan orang akan pentingnya keluarga. Selama PSBB, semua orang melakukan WFH, stay at home, sehingga sehari-hari selalu di rumah. Aktivitas apapun dilakukan dari rumah. Setiap hari berkumpul dan bertemu dengan keluarga, istri/suami dan anak-anaknya.

Hal ini seharusnya semakin menyadarkan arti hidup bersama keluarga. Bukan malah sebaliknya, karena setiap saat selalu bertemu keluarga, akhirnya masing-masing jadi lebih tahu dan jelas kepribadian masing-masing. Jadi tahu hitam-putih masing-masing anggota keluarga. Di sana ada rasa cinta, sayang, perhatian, empati, dll… namun tak jarang juga muncul rasa bosan, kesal, marah, acuh tak acuh, benci, dll. Jika kita tidak bisa mengelola EGO dan EMOSI, maka yang terjadi justru pertengkaran dan permusuhan.

4. Peluang Bisnis Baru

Dalam kondisi pandemic COVID-19 ini, banyak memunculkan peluang bisnis baru. Tatanan hidup baru, atau istilahnya New Normal, banyak merubah peradaban manusia. Bagi orang yang berjiwa enterpreneur, orang yang creatif, dapat memberikan ide bisnis baru berkaitan dengan era New Normal. Dimana hampir semua bisnis ke depan akan memanfaatkan teknologi, semakin digital dan online…

Baca juga: Jurus Ampuh Hadapi Virus CORONA
Baca juga: Gaya Hidup Sehat

Salam Perubahan..!!

One thought on “Terima Kasih COVID-19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.