Berendam Air Panas Alami

Berendam Air Panas Alami

Oleh: Sugibisnis – 0811417144

Akhir pekan di pertengahan Juni 2020 ini, saya dan keluarga meluncur ke Ciater Subang, menuju Sariater Hotel and Resort. Menginap satu malam di villa, sambil refreshing melepas penat, setelah 2 bulan lebih lock down, tidak bisa kemana-mana. Menikmati keindahan alam pegunungan yang menakjubkan, pemandangan hijau dari ketinggian, udara sejuk dan segar, Subhanalloh… benar-benar indah ciptaan Alloh SWT.

Selepas subuh di pagi hari, udara dingin, dalam remang-remang kegelapan, saya menuju tempat Permandian Air Panas, tidak jauh dari villa. Berendam air panas alami, yang mengandung sulfur/belerang, yang berasal dari mata air kaki gunung Tangkuban Perahu.

Baca juga: Bersyukurlah: Ternyata Aku Kaya Raya

Menurut banyak orang, banyak sekali khasiat mandi/berendam air panas apalagi yang alami dengab kandungan sulfur, antara lain:

Relaksasi dan Menghilangkan Stress

Berendam atau mandi di kolam air panas alami menjadi solusi tepat bagi Anda yang mengalami stres. Buat yang tidak stres pun, kegiatan ini bisa cocok buat relaksasi tubuh yang kelelahan akibat aktivas sehari-hari. Berendam air hangat sangat baik untuk meredakan ketegangan, apalagi jika dilakukan di pemandian air panas di alam terbuka sambil menikmati pemandangan alam. Dijamin stres akan hilang menjauh dan tubuh menjadi lebih rileks.

Mengeluarkan racun

Berendam atau mandi air hangat sekitar 32-35 derajat celsius dapat membuka pori-pori, sehingga membantu mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot, dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.

Mengobati Penyakit Kulit

Berendam atau mandi air panas dapat juga mengobati penyakit kulit tertentu, seperti eksim, ruam, atau gatal-gatal. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit. Selain itu, mandi atau berendam di air panas juga bisa membantu penyembuhan penyakit infeksi kulit. Hal ini karena pengaruh belerang yang ada di air panas itu mengandung antiseptik. 

Mengobati Insomnia

Merendam kaki di dalam air panas sangat baik bagi penderita penyakit insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Caranya, masukkan kaki ke dalam air panas selama 10 hingga 20 menit sampai kaki berasa hangat. Dengan kegiatan ini, kita akan bisa tidur lebih nyenyak. 

Memperlancar Sirkulasi darah

Merendam badan di air panas bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan organ-organ vital dalam tubuh seperti jantung, diabetes, liver, dan lainnya. Namun, harus dilakukan secara rutin.

Mengobati Jerawat

Selain kegiatan berendam atau mandi di air panas alami, Sulfur yang terkandung di air panas alami bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Caranya, usapkan air panas yang mengandung belerang itu ke wajah secara berkali-kali.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat berendam dan mandi air panas juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas, memelihara kesegaran sendi-sendi dan otot, dan sangat efektif menghilangkan pegal-pegal.

Dan mungkin masih banyak lagi manfaat berendam di air panas/hangat alami yang mengandur unsur Belerang…

Baca juga: Terima Kasih COVID-19

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.