Pandangan Menembus Batas

Pandangan Menembus Batas

Oleh: Sugibisnis – 0811417144

Apa maksud judul di atas? Apa mata kita bisa melihat tembus pandang? Itu bisa bahaya, karena kita bisa melihat apa saja yang tertutup. Masa mata kita bisa melihat apa yang ada di balik tembok, di balik baju, di balik kardus, di dalam tas, dll… Atau malah justru kita tidak bisa melihat apa-apa karena semua benda tertembus pandangan mata kita??

Wahh, kok malah menghayal yang gak-enggak. Bersihkan dulu pikiran kita. Begini ceritanya..!

Suatu ketika, seseorang menemui Abang penjual sayur yang menjajakan banyak sayuran hijau, aneka macam bumbu dapur, cabai merah, cabai hijau, dll. Tiba-tiba orang itu bertanya kepada tukang sayur,

“Bang, itu cabai merah indah sekali, warnanya merah muda dan merah tua. Dipandang menarik sekali. Itu siapa yang kasih warna?”.

Orang itu mengambil sebuah cabai merah, trus mem-poteknya hingga keluar biji-biji cabai tsb. Kemudian bertanya lagi kepada tukang sayur,

“Waah, bijinya banyak banget. Ini bisa buat bibit nih. Oh ya, siapa yang memasukkan biji-biji tsb ke dalam cabai Bang?”.

Abang penjual sayur pun berkerut dahinya seperti orang lagi berpikir keras. “Iya juga yah..”, celetuk dalam hati kecilnya. “Saya tahu, ini bukan pekerjaan manusia, tapi ciptaan Alloh SWT. Kenapa aku tidak berpikir sampai ke sana ya..?”, lanjutnya.

Tiba-tiba hati dan pikiran penjual sayur terasa adem. Ia ingat kepada Alloh, Zat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Zat yang menciptakan dan mengatur segala apa yang ada di muka bumi ini. Zat yang menciptakan segala keindahan di muka bumi.

Sahabatku, cerita singkat dan ringan di atas mengandung pelajaran besar, agar kita selalu bertafakur dan bertaddabur atas keindahan alam semesta ini. Pikiran yang selalu bertafakur dan hati yang selalu bertaddabur akan mengantarkan kita untuk selalu ingat kepada Alloh SWT. Ingat akan Kebesaran Alloh SWT. Ingat akan Kekuasaan Alloh. Ingat betapa kecilnya diri kita sehingga tidak berhak untuk sombong menentang hukum Alloh.

Hanya orang-orang yang berusaha untuk membersihkan hatinya, yang memiliki pandangan menembus batas. Kita tidak berhenti pada Pandangan mata yang menangkap semua benda di depan kita. Tapi pandangan Akal dan Hati kita yang dapat menangkap rahasia, hikmah dan pelajaran apa yang ada di balik benda-benda tsb.

Begitu juga pandangan kita terhadap setiap kejadian (baik dan buruk, menyenangkan dan menyedihkan) yang menimpa diri kita. Jangan berhenti pada harfiah kejadian/masalah yang ada di depan mata kita. Tembuslah, apa rahasia dan hikmah di balik ini semua? Apa maksud Alloh menimpakan kejadian ini kepada kita?

Jadi, begitulah maksud Pandangan Menembus Batas, yaitu:

  • Pandangan filosofis yang bisa mengantarkan kita untuk senantiasa Dzikrullah di mana pun kita berada.
  • Pandangan yang bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Alloh.
  • Pandangan yang memotivasi kita untuk selalu berusaha membersihkan hati kita (Tazkiyatun Nafs).

Semoga bermanfaat…

Baca juga: Bersyukurlah: Ternyata Aku Kaya Raya

Salam Perubahan..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.