Gowes Bareng Anakku

Oleh: Sugibisnis – 0811417144

Di suatu hari Minggu, aku ajak anakku untuk Gowes Bareng, idep-idep olah raga sehat sambil cari keringat. Sepanjang perjalanan gowes, kami melewati jalan raya, jalan besar, jalan kecil dan jalan tanah berbatu. Melewati depan pertokoan, mall, gedung bertingkat, kampung dan pepohonan hijau, hingga akhirnya sampai ke lokasi tujuan gowes.

Tujuan gowesku bersama anak ke Cihuni Hill Park, spot tempat berkumpul para Goweser dari mana-mana. Jarak tempuh dari rumah, yaaa… sekitar 15 km lah. Cukup untuk mengendorkan otot-otot tubuh dan pikiran penat akibat kejenuhan rutinitas pekerjaan. Sepanjang perjalanan sambil menikmati pemandangan hijau nan mempesona.

Dengan PeDenya gowes, tanpa membuka rute/maps menuju tujuan, karena aku sudah beberapa kali Gowes ke Cihuni Hill Park. Ternyata ada rute yang lupa, dan kami pun tersesat, terjebak muter-muter makin menjauhi tujuan kurang lebih 10 km.

Anda tahu kan efeknya? Badan terasa lebih capek alias pegel. Pikiran jadi kesel. Perasaan jadi sebel. Dan pada akhirnya aku pun nyesel…

Coba bayangkan, ketika kalian mau gowes, keluar rumah, tanpa lokasi tujuan yang jelas..! Apa yang akan terjadi? Gowes akan muter-muter entah kemana, tidak jelas, tahu-tahu capek dan selesai. Banyak sekali energi terbuang terbuang.

Insight apa yang bisa kalian ambil dari cerita di atas?

1. Miliki Tujuan Hidup yang Jelas.

Tujuan hidup merupakan tempat ke mana hidup kita akan menuju. Tujuan hidup akan menjadi kompas yang mengarahkan perjalanan hidup kita. Tujuan hidup yang jelas akan menentukan gerak langkah kita dalam menapaki setiap lorong kehidupan kita. Dan pada akhirnya, Tujuan hidup akan menentukan KESUKSESAN kita di masa depan.

2. Miliki Rute yang Jelas untuk menuju Tujuan Hidup tsb.

Tujuan hidup sudah ditetapkan. Itu akan menjadi Impian kita di masa depan, yang harus kita wujudkan. Tugas selanjutnya adalah melihat maps kehidupan untuk memilih rute terbaik dan tercepat untuk mencapai titik itu.

Maps itu mencerminkan Action Plan yang kita buat untuk menuju Impian kita. Buatlah rencana-rencana tindakan yang akan dilakukan, baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Buat berbagai alternatif rencana aksi yang bisa dilakukan, dengan memaksimalkan potensi diri kita.

Baca juga: Buatlah Graand Design Hidupmu

3. Masukkan Tujuan dan Rute tsb dalam Alam Bawah Sadar

Maksudnya apa nih? Begini, Tujuan Hidup yang ingin dicapai harus bisa anda gambarkan dengan jelas dalam pikiran sadar maupun bawah sadar. Ada keinginan yang sangat kuat (Desire) untuk menggapainya, sehingga selalu menjadi pikiran dan bahan pembicaraan anda. Gambaran Impian itu sangat jelas, dengan mudah anda memvisualisasikannya, sehingga menumbuhkan keyakinan bahwa anda pasti bisa untuk mewujudkannya.

Dengan begitu, anda akan tergerak untuk merencanakan, membuat rutenya, dan segera melakukan action yang mengarah kepada Impian tadi. Bahkan rutenya pun harus anda hafal di alam bawah sadar sehingga anda tidak akan tersesat ke arah yang salah…

Baca juga: Imajinasikan Impian Anda

Salam Perubahan..!!

One thought on “Gowes Bareng Anakku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.