Yang Mengalir di Air Hanya Kotoran dan Ikan Mati

Yang Mengalir di Air Hanya Kotoran dan Ikan Mati

Oleh: Sugibisnis – 0811417144

Tidak jauh di belakang rumah saya waktu kecil di kampung ada sungai kecil (kali) yang airnya bersumber dari sungai yang besar. Saya sering nongkrong di jembatan di atas kali itu. Kadang-kadang juga mancing ikan di kali tsb.

Saya sering memandangi arus air kali itu. Airnya mengalir ke arah yang lebih rendah, mengikuti alur kali itu. Terkadang arusnya pelan kerna airnya agak surut. Terkadang pula arusnya kencang karena debit air lagi tinggi. Namun ada satu hal yang menarik perhatian saya, kadang-kadang banyak benda yang mengapung dan mengalir bersama arus air. Apakah itu? Hanya Kotoran (Sampah) dan Ikan Mati yang mengalir di atas air.

Coba anda bayangkan ketika kotoran/sampah yang terbawa arus air itu bertumpuk di ujung kali, bisa mampet tuh kali. Akhirnya air meluap dan banjir ke jalanan.

Mungkin anda sering mendengar, banyak orang yang berprinsip, “Biarlah hidup berjalan begitu saja seperti air yang mengalir kemana saja menuju tempat yang lebih rendah. Hidup gak usah neko-neko, gak usah ngoyo, gak usah mimpi tinggi-tinggi ntar kecewa, dll…”.

Bagaimana menurut anda prinsip hidup seperti itu? Hubungkan dengan cerita singkat di atas, bahwa “hanya kotoran dan ikan matilah yang ikut mengalir bersama arus air kali“. Sedangkan ikan hidup bebas menyelam dan berenang di dalam air. Rumput dan tanaman bebas tumbuh subur di tepi-tepi kali. Anak-anak bebas berenang dan bermain air di kali.

Hidup harus berwarna supaya indah. Hidup harus memiliki prinsip dan tujuan hidup yang jelas supaya lebih terarah. Hidup harus memiliki semangat dan kerja keras supaya bergairah. Hidup harus berani mendobrak hambatan dan tantangan supaya berubah. Dan Hidup harus senantiasa dihiasi dengan doa dan bergantung pada Sang Pencipta supaya berkah…

Baca juga: Manual Book Kehidupan

Salam Perubahan..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.